Ayam Aduan Kamu Ngorok? Coba Obati Dengan Cara Cara ini

Ayam Aduan Kamu Ngorok? Coba Obati Dengan Cara Cara ini, Ayam aduan yang kamu mengalami penyakit ngorok yang tidak kunjung sembuh? penyakit ngorok pada ayam aduan merupakan salah satu penyakit yang sangat cukup mengganggu, terlebih lagi jenis penyakit ini merupakan penyakit yang dapat menular,.

Penyakit ngorok ini dalam dunia medis dikenal dengan sebuatan sebagai Chronic Respiratory Disease (CRD) atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada saluran pernafasan ayam,. walaupun secara umum penyakit ini tidak memiliki dampak yang fatal, namun penyakit ini dapat menganggu kesehatan dan juga mental ayam tersebut,.

Munking ada sebagian dari kamu yang masih bingung tentang bagaimana caranya mengobati penyakit ngorok yang terjadi pada ayam aduan yang dimilikinya, namun sebagian dari kamu juga tentunya sudah sangat tahu cara mengatasi penyakit yang satu ini,.

Namun pada kesempatan kali ini izinkan kami memberikan pengalaman yang kami miliki tentang cara mengobati penyakit ngorok pada Ayam Bangkok Aduan dengan cara yang aman dan paling ampuh,. inilah beberapa cara cara mengobati penyakit ngorok pada ayam aduan yang dapat kami sampaikan kepada kamu semua,.

Ayam Aduan Kamu Ngorok? Coba Obati Dengan Cara Cara ini

Obat Alami Penyakit Ngorok Ayam Jago :

  • Menggunakan Bawang Putih :

Bawang putih juga menjadi salah satu obat ayam ngorok tradisional yang paling manjur. cara membuatnya adalah dengan memarut bawang putih lalu ambil sarinya yang kemudian langsung di minumkan pada ayam yang terjangkit ngorok. Selain sebagai obat ayam ngorok, sari bawang putih juga di peracaya berguna sebagai obat cacing dan obat untuk meningkatkan nafsu makan pada ayam aduan.

  • Menggunakan Daun Sirih :

Salah satu obat ayam ngorok yang paling manjur dan banyak di ketahui pehobi ayam sampai sekarang adalah daun sirih. resep obat ini di buat dengan cara merebus 5 helai daun sirih dalam 1 gelas air bersih. Kemudian air rebusan tersebut di saring lalu campurkan air rebusan dengan 1 buah jeruk nipis yang di peras ke dalamnya. lalu obat tradisional ini di munumkan pada ayam yang mengalami penyakit ayam ngorok dalam keadaan hangat. minumkan 2 kali sehari setiap pagi dan sore, dan daun sirih merah lebih baik dalam menyembuhkan ayam ngorok.

  • Getehan :

Pehobi ayam aduan daerah pantai utara Jawa selalu menggunakan tanaman getehan untuk mengobati ayam ngorok. tanaman getehan adalah sejenis tanaman perdu yang tumbuh di sekitar semak belukar. Buahnya merah dan berdaun lebar seperti pada gambar yang ada di atas.

Bagian yang di gunakan pada tanaman ini adalah buah yang sudah matang, buah yang matang akan berwarna kemerahan. Setelah mendapatkan buah ini, selanjutnya ditumbuh kemudian ambil sarinya dan langsung di minumkan pada ayam yang sakit. jika masih belum sembuh, berikan lagi ramuan ini 1 kali setiap harinya di malam hari.

Obat Apotik Penyakit Ngorok Ayam Jago :

Untuk pengobatan menggunakan obat apotik ini bisa dilakukan dengan memberikan antibiotik dan multivitamin secara tepat. untuk jenis obat ngorok di apotik ini bisa menggunakan obat obat seperti fluoroquinolon, makrolida dan tetracycline serta multivitamin seperti Fortevit. Untuk cara pemberian obat ini dapat dilakukan seperti berikut ini.

1. Pemberian antibiotik seperti fluoroquinolon, makrolida dan tetracycline secara tepat pada waktu pagi dan sore hari.
2. Memberikan multivitamin dosis tinggi seperti Fortevit yang diberikan pada malam hari untuk mengatasi stres pada ayam.
3. Kontrol suhu kandang selama masa pengobatan, usahakan agar suhu kandag tidak lembab agar infeksi tidak semakin parah.
4. Semprot bagian dalam kandang dengan desinfektan Antisep atau Neo Antisep untuk membasmi bakteri Mycoplasma penyebab CRD.

Itulah beberapa Cara Mengobati Penyakit Ngorok pada ayam aduan yang dapat kami sampaikan kepada kamu semua seluruh para pecinta ayam aduan di indonesia,. semoga dengan adanya ulasan yang kami berikan ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan kamu semua,. Terimah kasih dan sampai berjumpa lagi bersama kami pada artikel kami selanjunya,.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *